Jumat, 26 November 2010

Ciri-Ciri Teman yang Baik

Ciri-ciri Teman Yang Baik
1. Berteman dengan tulus

Didalam berteman itu hal yang paling penting adalah ketulusan. Ketika kita berteman dengan seseorang maka bertemanlah dengan tulus tanpa ada embel-embelnya. Kita tidak boleh berteman denagn maksud tersendiri. Misalnya karena teman kita kaya, pintar, atau hanya karena dia bisa dibohongi.

2. Menerima teman kita apa adanya

Kita harus mau menerima teman kita apa adanya. Jangan prnah merubahnya dngan apa yang kita mau. Biarlah dia mnjadi dirinya sendiri karena menjadikannya orang lain itu sangat menyiksa dirinya sendiri.

3. Tidak membatasi dia

Maksudnya tidak membatasi adalah kita tidak boleh melarang-melarang apa yang akan dia lakukan. Apalagi membatasi pergaulannya dan memilih pasangannya sndiri. Biarkan dia memilih teman dia sendiri yang menurut dia baik dan asik. Biarkan juga dia dalammmilih pasangannya sendiri karena yang baik bagi kita belum tentu itu baik buat dia sendiri. Tugas kita hanya mendukung apa yang dia mau tentunya mendukung hal-hal yang baik.

4. Membantunya dalam menghadapi masalah

Sebagai teman yang baik kita harus menemani dia dalam keadaan susah maupun senang. Dukunglah dan temani dia ketika dia dalam masalah. Kita boleh ikut campur didalam masalahnya tapi kita tidak boleh ikut campur terlalu dalam cukup kita membantunya dengan porsi kita masinh-masing.

5. Harus bisa menyimpan rahasia teman kita sendiri

Teman yang baik adalah teman yang bisa mnyimpan rahasia teman kita sendiri. Jika teman kita cerita tentang apa yang dia rasakan. Janganlah kita mengumbarnya kepada orang lain. Selain itu juga kita harus bisa menutupi kekurangan tman kita sendiri.

6. Jangan pernah berbohong

Kita harus selalu jujur dan jangan pernah membohonginya. Karena suatu saat kebohongan akan terungkap dengan sendirinya. Akibat dari kebohongan yang kita buat adalah kita bisa dijauhi oleh teman kita sendiri.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar