Sabtu, 30 Maret 2013


AKUNTANSI KOMPARATAIF 1
Standar akuntansi adalah regulasi atau aturan (hukum dan anggaran dasar)  yang mengatur penyusunan laporan keuangan. Standar akuntansi merupakan hasil dari penetapan standar, tapi pada prakteknya tidak demikian. Ada empat alasan mengapa hal ini bisa terjadi diantaranya adalah :
1.     Kebanyakan negara hukuman atas ketidakpatuhan dengan ketentuan akuntansi resmi cenderung lemah dan tidak efektif.
2.     Secara sukarela perusahaan boleh melaporkan informasi lebih banyak daripada yang diharuskan.
3.     Beberapa negara memperbolehkan perusahaan untuk mengabaikan standar akuntansi jika dengan melakukannya operasi dan posisi keuangan perusahaan akan tersajikan secara lebih baik.
4.     Di beberapa negara standar akuntansi hanya berlaku untuk laporan keuangan perusahaan secara tersendiri dan bukan untuk laporan konsolidasi.
Auditing berhubungan paralel dengan jenis sistem hukum dan peranan serta tujuan pelaporan keuangan. Profesi auditing cenderung dapat mengatur sendiri di negara-negara yang menganut penyajian wajar.. auditor juga lebih dapat melakukan pertimbangan apabila tujuan audit adalah untuk melakukan atestasi terhadap penyajian wajar laporan keuangan. Di negara tersebut tujuan utam audit adalah untuk memastikan bahwa catatan dan laporan keuangan perusahaan sesuai dengan ketentuan hukum.
Tren pelaporan keuangan saat ini mengarah pada penyajian wajar, setidaknya untuk laporan keuangan konsolidasi. Negara-negara hukum kode seperti Perancis, Jerman, dan Jepang menyesuaikan pendekatan kepatuhan hukum tradisional yang dianut terhadap akuntansi untuk mencerminkan kenyataan pasar modal global.
Enam sistem akuntansi nasional
1.     Perancis
Perancis merupakan negara pertama yang mendukung penyeragaman akuntansi nasional di dunia. Kemetrian ekonomi nasional menyetujui plan compatable general (kode akuntansi nasional) yang berisi :
a.      Tujuan dan prinsip akuntansi serta pelaporan keuangan.
b.     Definisi aktiva, kewajiban, equitas pemegang saham, pendapatan dan beban
c.      Aturan pengakuan dan penilaian.
d.     Daftar akun standar, ketentuan mengenai penggunaan, dan ketentuan tata buku lainnya.
e.      Contoh pelaporan keuangan dan aturan penyajiaanya.
Dasar utama aturan akuntansi di prancis adalah hukum akuntansi tahun 1983 dan dekrit akuntansi 1983 yang membuat plan compatable general wajib digunakan oleh seluruh perusahaan. Kedua dokumen tersebut menjadi bagian dari code de commerce.
2.     Jerman
Hukum pajak secara garis besar menentukan akuntansi komersial. Prinsip penentuan menentukan bahwa laba kena pajak ditentukan oleh apa yang tercatat dalam catatan keuangan perusahaan. Privisi pajak yang tersedia dapat digunakan hanya jika semua sudah tercatat.
Karakteristik fundamental ketiga dari akuntandi di Jerman adalah ketergantungannya terhadap anggaran dasar dan keputusannya pengadilan. Selain kedua hal itu tidak ada yang memiliki status mengikat atau berwenang.
Regulasi dan penegakan akuntansi institute Jerman memberikan konsultasi dalam berbagai tahap pembuatan hukum yang mempengaruhi akuntansi dan pelaporan keuangan, namun demikian tetap saja ketentuan hukumlah yang paling utama.
Pelaporan keuangan
Ciri utama pelaporan keuangan di Jerman adalah laporan secara pribadi oleh auditor kepada dewan direktur pengelola perusahaan dan dewan pengawas perusahaan. Laporan ini berisi pendapat terhadap prospek masa depan perusahaan, dan khususnya faktor-faktor yang mengancam kelangsungan hidup perusahaan.
3.     Jepang
Akuntansi dan pelaporan keuangan di Jepang mencerminkan gabungan berbagai pengaruh domestik dan Internasional. Dua badan pemerintah yang terpisah bertanggung jawab atas regulasi akuntansi dan hukum pajak penghasilan perusahaandi Jepang memiliki pengaruh lebih lanjut pula.
Regulasi dan penegakan aturan akuntansi pemerintah nasional masih memilki pengaruh paling signifikan terhadap akuntansi di Jepang. Regulasi akuntansi didasarkan pada tiga undang-undang pasar modal dan undang-undang pajak penghasilan perusahaan. Ketiga hukum tersebut berhubungan dan berkaitan satuu sama lain.
Pelaporan keuangan
Catatan yang menyertai neraca dan laporan laba rugi menjelaskan kebijakan akuntansi dan memberikan detail pendukung sebagaimana yang dapat ditemukan di negara lainnya.
4.     Belanda
Belanda memiliki ketentuan akuntansi dan laporan keuangan yang relatif permisif, tetapi standar praktik profesionalyang sangat tinggi. Belanda merupakan negara hukum kode, namun akuntansinya berorientasi pada penyajian wajar. Pelaporan keuangan dan akuntansi pajak merupakan dua aktifitas yangterpisah.
Regulasi dan penegakan aturan akuntansi di Belanda tetap liberal hingga tahun 1977 ketika UU laporan keuangan tahunana diberlakukan. UU tersebut merupakan bagian dari program besar perubahan dalam bidang hukum perusahaan dan diperkenalkan sebagian untuk mencerminkan harmonisasi hukum perusahaan didalam UE yang akan terjadi
Pelaporan keuangan
Laporan arus kas tidak diwajibkan, tetapi direkomendasikan oleh sebuah tuntutan dewan dan kebanyakan perusahaan Belanda membuatnya. Catatan laporan keuangan harus menjelaskan prinsip akuntansi yang digunakan dalam penilaian dan penetapan hasil-hasil dan alasan-alasan dibalik setiap perubahan akuntansi yang dilakukan.
5.     Inggris
Akuntansi yang berkembang di Inggris sebagai cabang ilmu yang independen dan secara pragmatis menyikapi kebutuhan dan praktik usaha. Warisan akuntansi di Inggris bagi dunia sangat penting. Inggris merupakan negara pertama di dunia yang mengembangkan profesi akuntansi yang kita kenal sekarang. Konsep penyajian hasil dan posisi yang wajar juga berasal dari Inggris.
Regulasi dan penegakan aturan akuntansi Di Inggris dua sumber utama standar akuntansi keuangan di Inggris adalah hukum perusahaan dan profesi akuntansi. Kegiatan perusahaan yang didirikan di Inggris secara luas diatur oleh aktiva yang disebut sebagai UU perusahaan. UU perusahaan disesuaikan diperluas dan di konsolidasikan sepanjang tahun.
Pelaporan keuangan
Pelaporan keuangan di Inggris termasuk yang paling komperhensif di dunia. Laporan keuangan kelompok usaha diwajibkan selain laporan keuangan neraca induk perusahaan saja. Sifat laporan keuangan Inggris adalah bahwa perusahaan yang berukuran kecil dan menengah dikecualikan dari banyak kewajiban pelaporan keuangan. UU perusahaan menetapkan kriteria ukuran. Secar umum perusaan berukuran kecil dan menengah diperbolehkan untuk menyusun akun yang diringkas beserta informasi wajib tertentu dalam jumlah minimum. Kelompok usaha kecil dan menengah dikecualikan dari penyusunan laporan keuangan konsolidasi.      

Tidak ada komentar:

Posting Komentar