Kamis, 06 Januari 2011

wikileaks

WIKILEAKS
Wikileaks merupakan suatu organisasi internasional yang bermarkas di swedia. Organisasi ini didirikan oleh disiden politik cina, jurnalis, matematikawan, dan juga teknolog yang berasal dari berbagai negara.situs ini menerbitkan dokumen-dokumen rahasia dan menjaga kerahasiaan sumber-sumbernya. Wikileaks ini diluncurkan pada tahun 2006. Dia menggunakan sebuah mesin yang disebut dengan mesin MediaWiki

Akhir-akhir ini wikileaks telah menggegerkan diseluruh negara didunia. Kabarnya wikileaks telah membocorlkan dokumen-dokumen penting seperti dokumen kesepakatan antar negara, terutama dokumen kesepakatan antara Amerika Serikat dengan berbagai negara. Kabarnya wikileaks membocorkan dokumen-dokumen tersebut dikarenakan wakil rakyat Amerika pelit dalam hal membagi makalah internal mereka. Laporan mereka disebut dengan CRS Report. Oleh karena itu, memang ada protes dari masyarakat AS, agar Kongres mempublikasikan makalah mereka. Salah satu protes dilakukan oleh situs opencrs.com, yang menampung semua makalah Kongres yang dipublikasikan resmi, atau dibocorkan paksa. Namun memang bocoran makalah CRS Report ini luput dari perhatian media. Situs resmi WikiLeaks saja tidak memasang CRS Report. WikiLeaks hanya memajang dokumen terkait perang Irak dan Afghanistan. Sebabnya, jumlah dokumen CRS Report tergolong sedikit jika dibandingkan aksi pembocoran WikiLeaks lainnya.

Para pemerintahan diseluruh dunia panic, marah, dan ada juga yang saling bertengkat sendiri akibat dari pembocoran rahasia mereka terungkap diwikileaks. Amerika Serikat juga ikut marah dan kesal dengan ulah Julian assage dan kawan-kawan, semua kawat diplomatiknya telah disebar luaskan.

WikiLeaks sejauh ini baru memberikan rekap data kawat diplomatik dari Indonesia beserta tanggal dan kode-kodenya. Namun isi kawat belum ada satu pun yang dirilis. Sementara dari kode-kode itu baru bisa diketahui topik bahasan kawat-kawat rahasia itu. Misalnya, 4 hari sebelum bom Marriott meledak atau 13 Juli 2009, keluar kawat berkode PTER atau terorisme. Pada saat kejadian, 4 dan 6 hari sesudahnya juga keluar kawat dengan kode sama. Apa artinya Kedubes AS sudah tahu akan ada serangan teroris? Hal itu baru terjawab jika kawat yang dimaksud sudah dirilis WikiLeaks. Kita tunggu saja.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar