Sabtu, 30 Oktober 2010

perkembangan koperasi

PERKEMBANGAN KOPERASI DI INDONESIA DAN DI DUNIA

Koperasi merupakan badan usaha yang beranggotakan peroarangan. Pada umumnya koperasi dikendalikan oleh seluruh anggotanya secara bersama-sama (asas kekeluargaan),setiap anggota memiliki hak yang sama dalam pengambilan keputusan dalam menjalakan koperasi. Pembagian keuntungan atau biasa disebut dengan SHU dihitung sesuai dengan andil setiap anggotanya. Koperasi bertujuan untuk memajukan kesejahteraan masyarakat serta ikut meningkatkan laju perekonomian nasional sehingga bisa mewujudkan masyarakat yang maju dan makmur.

· Perkembangan koperasi di Indonesia

Perkembangan koperasi di Indonesia telah mendapat dukungan kuat dari program pemerintah yang telah dijalankan dalam waktu yang lama. Berdasarkan data yang ada sampai saat ini jumlah koperasi di Indonesia terus meningkat. Hal ini disebabkan karena adanya pencabutan inpres 4/1984. Sehingga setiap orang bebas mendirikan koperasi. Ketika memasuki tahun 2000 koperasi Indonesia didominasi oleh koperasi kredit yang menguasai antara 55%-60% dari seluruh aset koperasi. Sementara itu dilihat dari populasi koperasi yang terkait dengan program pemerintah hanya sekitar 25% dari populasi koperasi atau sekitar 35% dari populasi koperasi aktif. Pada akhir-akhir ini posisi koperasi dalam pasar perkreditan mikro menempati tempat kedua setelah BRI-unit desa sebesar 46% dari KSP/USP dengan pangsa sekitar 31%.

· Perkembangan koperasi di dunia

Koperasi juga berkembang cukup pesat di negara-negara lain. Contohnya dinegara Malaysia, di johor kemajuan koperasi cukup pesat hal ini disebabkan karena menejemennya yang rapi dan mendapat dukungan dari pemerintah setempat. Selain itu koperasi bisa berkembang karena letak johor yang strategis dalam perekonomian Malaysia. Perkembangan koperasi ini tidak hanya terjadi di Malaysia saja tetapi kesuksesan ini juga diikutin oleh negara-negara lain.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar