Jumat, 12 Maret 2010

sosiologi pertama

ASAL MULA DAN PERKEMBANGAN SOSIOLOGI

Ilmu Pengetahuan SOSIOLOGI lahir lebih belakangan daripada ilmu social yang lain. Bahkan jika dibandingkan dengan Ilmu Pengetahuan Alam (IPA). Hal ini disebabkan karena pada zaman dulu kebanyakan orang lebih memperhatikan dan lebih tertarik pada kehidupan manusia dan gejala alam yang terjadi dibumi seperti ilmu kedokteran, biologi,ekonomi, sejarah dll.

Sosiologi merupakan cabang dari ilmu filsafat yang dikembangkan oleh August Comte pada abad ke 19. Dia adalah seorang filusuf asal Perancis yang menulis buku tentang pendekatan terhadap masyarakat.

Nama Sosiologi berasal dari bahasa latin yaitu Socius yang artinya Kawan, dan juga dari bahasa Yunani yaitu Logos yang artinya Berbicara. Maksud dari semua itu Sosiologi adalah ilmu pengetahuan yang berbicara tentang masyarakat.

· Menurut Comte :

a. Sosiologi merupakan hasil akhir dari perkembangan dan kemajuan yang telah dicapai oleh ilmu pengetahuan yang lainnya.

b. Sosiologi merupakan ilmu pengetahuan yang berdasarkan dari pengamatan/observasi yang hasilnya disusun secara sistematis dan metodis.

· Sosiologi lahir pada tahun 1842 ketika Comte mengeluarkan bukunya yang berjilid terakhir yaitu Positive Philosophy.

Di Indonesia awalnya Sosiologi hanya dipelajari di perguruan tinggi sebagai pengetahuan murni. Tapi ketika banyaknya program pembangunan yang berhenti, Sosiologi dilibatkan dalam masalah ini untuk membantu menyelesaikan semua masalah ini. Saat ini Sosiologi tidak hanya diajarkan di perguruan tinggi tapi Sosiologi ini juga sudah diajarkan disekolah. Ini semua dilakukan supaya siswa bisa mengenal, menganalisis dan memecahkan masalah dikehidupan masyarakat.

(sumber: buku sosiologi,

Tidak ada komentar:

Posting Komentar