Selasa, 01 Desember 2009

Sistem Ekonomi

SISTEM-SISTEM EKONOMI

Ø Merkantilisme

Merkantilisme adalah suatu teori ekonomi yang menyatakan bahwa kesejahteraan suatu Negara hanya ditentukan oleh banyaknya aset atau modal yang disimpan oleh negara yang bersangkutan , dan bahwa besarnya volum perdagangan global teramat sangat penting. Aset atau modal negara dapat digambarkan secara nyata dengan jumlah capital (mineral berharga, terutM emas maupun komoditas lainnya)yng dimiliki oleh negara dan modal ini bisa diperbesar jumlahnya dengan meningkatkan ekspor dan mencegah (sebisanya) impor dengan neraca perdagangan dengan negara lain akan selalu positif.

· Contoh negara yang menganut system merkantilisme adalah Inggris, Portugis, Spanyol, Romawi, Belanda, Jerman, Italia.

Ø Kapitalisme

kapitalisme adalah system perekonomian yang memberikan kebebasan secara penuh kepada setiap orang untuk melaksanakan kegiatan perekonomian seperti memproduksi barang, menjual barang, menyalurkan barang dan lain sebagainya. Dalam system ini pemerintah bias turut ambil bagian untuk memastikan kelancaran dan keberlangsungan kegiatan perekonomian yang berjalan, tetapi bisa juga pemerintahan tidak ikut campur dalam ekonomi.jadi semua orang bisa mengatur ekonomi mereka sendiri, bebas untuk bersaing bisnis untuk memperoleh laba yang sebesar-besarnya dan semua orang juga bebas untuk berkompetisi untuk memenangkan kompetisi bisnis.

· Contoh negara yang menganut system kapitalisme diantaranya

a. Amerika : AS, Argentina, Bolivia, Brazil, Chili.

b. Eropa : Austria, Belgia, Kroasia, Cekoslavia.

c. Asia : India, Iran, Thailand, Jepang, Filiphina.

d. Afrika : Mesir, Senegal, Afrika Selatan.

Ø Sosialisme

Sosialisme adalah suatu system perekonomian yang memberikan kebebasan yang cukup besar kepada setiap orang untuk melaksanakan kegiatan ekonomi tetapi dengan campur tangan pemerintah. Pemerintah masuk kedalam perekonomian unntuk mengatur tata kehidupan perekonomin negara serta jenis-jenis perekonomiaan yang menguasai hajat hidup orang banyak dikuasai oleh negara seperti air,listrik,telekomunikasi,gas dan lain sebagainya.dalam system ini mekanisme pasar dalam hal permintaan dan penawaran terhadap harga dan kuantitas masih berlaku.

· Contoh negara yang menganut system Sosialisme adalah Rusia, Eropa Timur, Cuba.

Ø Komunisme

Kominisme adalah suatu system perekonomian dimana peran pemerintahan sebagai pengatur seluruh sumber-sumber kegiatan perekonomian. Setiap oaring tidak diperbolehkan memiliki kekayaan pribadi, sehingga nasib seseorang bisa ditentukan oleh pemerintah. Semua unit bisnis mulai dari yang kecil hingga yang besar dimiliki oleh pemerintah dengan tujuan pemerataan ekonomi dan kebersamaan. Namun tujuan system komunis inibelum sampai ketahap yang maju, sehingga banyak negara yang meninggalkan system ekonomi komunis ini.

· Contoh negara yang menganut system komunisme adalah RRC, Vietnam, Korea Utara, Laos.

Ø Facisme

Facisme muncul karena adanya revolusi industry yaitu sindikatisme maksudnya system facisme ini menganjurkan kepada masyarakat untukmenjadi asosiasi-asosiasi yang mencangkup seluruh industry, atau sindikat-sindikat pekerja. Denagn adanya sindikat-sindikat yang ada pada dasarnya merupakan serikat-serikat buruhyang akan menggantikan negara. Dalam system ekonomi facisme pemerintah melakukan pengendalian dalam bidang produksi sedangkan kekayaan dimiliki oleh pihak swasta.

· Contoh negara yang menganut system facisme adalah Prancis, Italia, Jerman, Jepang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar