SOAL-SOAL PERLINDUNGAN KONSUMEN, ANTI MONOPOLI DAN PERSAINGAN USAHA YANG TIDAK SEHAT, SERTA PENYELESAIAN SENGKETA EKONOMI
1. Pengertian perlindungan konsumen adalah segala upaya yang menjamin adanya kepastian hukum untuk memberikan perlindungan kepada konsumen. Pengertian tersebut merupakan pengertian berdasarkan…..
a. Undang-Undang No 8 tahun 1999, pasal 1 butir 1
b. Undang-undang dasar 1945 pasal 5 ayat 1
c. Peraturan Pemerintah No 58 tahun 2001
d. Undang-undang No 5 tahun 1999
Jawaban : a. Undang-Undang No 8 tahun 1999, pasal 1 butir 1
2. Pasal 4-7 UU PK yang mengatur mengenai hak dan kewajiban konsumen serta pelaku usaha yang mengharapkan konsumen dan pelaku usaha dapat memperoleh haknya dan bisa menunaikan kewajibannya secara seimbang merupakan asas…..
a. Asas keseimbangan
b. Asas kepastian hukum
c. Asas keadilan
d. Asas pertahanan dan keamanan
Jawaban : c. Asas Keadilan
3. Perbuatan hukum yang dilakukan oleh suatu perseroan atau badan usaha atau lebih untuk meleburkan diri dengan cara mendirikan suatu perseroan atau badan usaha baru yang merupakan perjanjian yang dilarang dalam bentuk….
a. Penggabungan c. peleburan
a. Pengambil alihan d. Pelepasan
Jawaban : c. Peleburan
4. (1) Kartel
(2) Oligopoli
(3) Pembagian Wilayah
(4) Perjanjian Jual Beli
(5) Perjanjian Tertutup
Dari ke empat perjanjian tersebut manakah yang termasuk kedalam perjanjian yang dilarang di dalam UU No5 tahun1999…
a. (1) (2) (3) (4)
b. (1) (3) (4) (5)
c. (2) (3) (4) (5)
d. (1) (2) (3) (5)
Jawaban : d. (1) (2) (3) (5)
5. Sengketa perdata yang tidak menyangkut dengan permasalahan fakual, sebagaimana halnya dengan masalah yang timbul dalam dokumen atau aplikasi ketentuan-ketentuan kontrak, merupakan sengketa perdata dalam golongan…
a. Mixed arbitration c. Technical arbitration
b. Quality arbitration d. Quantity arbitration
Jawaban : c. Technical arbitration
6. Salah satu alternative penyelesaian sengketa bisnis dengan putusan biasa disebut dengan….
a. System Concilition c. System Arbitration
b. System Adjudication d. System Minitrial
Jawaban : b. System Adjudication
Tidak ada komentar:
Posting Komentar